Sabtu, 29 November 2008

Dimensia Alzheimer



Wah,apa pula itu dimensia alzheimer???
Pernah nonton film india yang berjudul "Black" nggak???. Itu tu yang dibintangi Amitha Bachan dan Rani Mukherjee (Wah, apal banget gw).Lantas apa hubungannye...
Film itu sarat makna dan pengetahuan dalam dunia psikologi.Coz, ceritanya tentang anak autis yang gedenya dia jatuh cinta sm gurunya yang lagi sakit alzheimer.makanya,dy sekuat tenaga berusaha menyembuhkan alzheimer melalui kenangan-kenangan yang dibangun semasasa waktu dulu antara si austis dengan si guru.

Or telenovela Ruby yang tayang di TV7. Dimana ibu Alejandro (mantan pacar Ruby)divonis sakit Alzheimer yang mengalami penurunan daya ingat yang luar biasa, sampai bingung membedakan orang disekitar,hari,waktu dll.


So,alzheimer's disease is one of the two most common dimentia that affect the elderly and probably the single greatest source of affliction and debilitation. (wah balik ke bhs asal dech)

Maksudnya,penyakit ini merupakan salah satu bentuk dimensia (kemunduran fungsi mental secara umum) yang menyebabkan seseorang mengalami kemunduran dalam berfikir,gangguan ingatan,emosi yang labil,disorientasi ruang dan waktu,tidak dapat melakukan aktivitas rutin bahkan yang sudah parah dia tidak dapat dimengerti lagi.

Kata Alzheimer sendiri diambil dari seorang neurolog Jerman yang menemukannya yaitu Alois Alzheimer di tahun 1906.

Simptom ini dimulai pelan-pelan sekali tetapi kemudian berkembang secara tiba-tiba dan menjadi lebih ganas.

Penyebabnya adalah banyak sebab.Misalnya, salah satu neuron di otak ada yang mati dan neuron itu tidak dapat diganti sehingga otak mengalami perubahan. Ada juga yang berpendapat karena adanya suatu virus di dalam otak.

Apapun penyebabnya adalah perlunya kita berhati-hati untuk menjga apa yang Allah SWT berikan kepada kita. Karena sampai saat ini,obat untuk mengatasi Alzheimer belum ditemukan. Namun, pencegahan dan perawatan pada penderita Alzheimer masih terus dilakukan.

Tidak ada komentar: